Ketika seseorang yang Anda sayangi didiagnosis menderita kanker, Anda ingin membantu, tetapi mungkin tidak yakin tentang apa yang harus dilakukan. Kemoterapi, pembedahan dan radiasi dapat menghabiskan banyak waktu dan energi. Berikut cara-cara untuk membantu:

Menjadi orang yang tepat

Berperan sebagai tokoh sentral untuk mengkoordinasikan upaya sukarela. Orang inti tidak hanya dapat menetapkan tugas dan membuat jadwal untuk pengiriman makanan, tugas dan perawatan anak, tetapi juga dapat memperbarui status pasien kepada orang lain. Hal ini mencegah pasien dari kebanjiran panggilan telepon.

Memberikan makanan

Seorang pasien seringkali terlalu lelah, lemah atau sakit untuk berbelanja, menyiapkan makanan dan membersihkan, belum lagi memberi makan anggota keluarga juga. Namun, menjaga nutrisi yang baik sangat penting selama perawatan. “Orang yang ditunjuk” harus mencari tahu preferensi makanan pasien (atau batasannya), kemudian menetapkan waktu makan untuk pengasuh yang bersedia. Letakkan peti es di dekat pintu depan atau belakang untuk tempat makanan drop-off, sehingga pasien tidak akan diganggu. Atau, jika ingin ditemani, rencanakan untuk berbagi makanan. Hindari makanan yang kental dan kaya; fokus pada daging tanpa lemak, sayuran, biji-bijian dan sup lezat. Selain makanan, berikan makanan sehat, seperti kacang-kacangan, buah kering, muffin gandum utuh, buah segar dan jus buah untuk menambah nutrisi saat pasien tidak siap untuk makan biasa.

Jalankan tugas

Setiap orang memiliki tugas rutin. Bahkan jika pasien memiliki waktu dan energi, kadang-kadang mereka mungkin tidak ingin pergi ke toko dan berisiko terkena infeksi, pilek dan virus. Tawarkan untuk lari ke toko kelontong, toko obat, pompa bensin, pembersih kering dan tempat biasa lainnya.

Lakukan pekerjaan rumah

Ada juga daftar tugas pribadi, rumah dan pekarangan yang tidak pernah berakhir. Atur kelompok untuk membersihkan rumah, pekerjaan halaman, binatu, perawatan hewan peliharaan, dan tugas rumah tangga penting lainnya.

Tawarkan pengasuhan anak

Anak-anak menuntut banyak perhatian dan perhatian, dan seringkali takut dan bingung ketika orang tua menjalani pengobatan. Membantu anak mempertahankan gaya hidup normal dapat membantu meredakan kecemasan. Tawarkan untuk berbagi mobil, berkendara ke kegiatan setelah sekolah atau penitipan bayi. Undang anak ke rumah Anda dan berikan aktivitas menyenangkan, seperti membuat kue atau permainan. Ajak mereka ke bioskop atau acara khusus. Hal ini membawa beberapa kenormalan kembali ke kehidupan mereka dan membantu meringankan rasa bersalah yang dirasakan orang tua karena mengabaikan anak-anak mereka selama perawatan.

Lakukan penelitian

Seorang pasien dapat merasa kewalahan dengan semua informasi yang mereka butuhkan untuk dikumpulkan dan dipahami untuk membuat keputusan besar — ​​seringkali dengan sedikit waktu. Mereka mungkin perlu menentukan ahli onkologi, ahli bedah dan rumah sakit mana yang harus memberikan perawatan mereka atau memberikan opini kedua. Teman dan keluarga dapat melakukan penelitian Internet melalui situs kanker terkemuka dan tepercaya, seperti ini, serta American Cancer Society, National Cancer Institute dan situs tepercaya lainnya. Orang yang selamat dari kanker adalah sumber lain yang bagus, memberikan nasihat orang pertama. Pertimbangkan juga buku, majalah, dan materi lainnya. Setelah Anda mengumpulkan informasi, ringkaskan untuk pasien, sehingga mereka tidak perlu mengacaukan tumpukan kertas.

Menjadi pengobatan “teman”

Dampingi pasien untuk kunjungan dokter, tes dan pemeriksaan. Jam kerja yang panjang dan kebosanan menunggu pasien menjalani perawatan. Menunggu satu hingga dua jam untuk menemui dokter atau menerima terapi radiasi adalah hal yang biasa, dan infus kemoterapi bisa memakan waktu lebih lama. Selain itu, bergantung pada hubungan Anda dengan pasien, sebaiknya ada pihak kedua di ruang pemeriksaan untuk mencatat, karena akan sulit untuk menyerap semua yang dikatakan dokter. Akhirnya, pasien mungkin terlalu lelah untuk mengemudi, jadi memiliki “supir pribadi” untuk membuat janji adalah kemewahan yang sangat disambut baik.

Mengirimkan hadiah

Bunga, kartu, lilin, mandi busa, buku, majalah, permainan, cokelat, piyama, topi/syal dan apa pun yang menyenangkan, lucu, menghibur dapat menyemangati pasien – terutama saat mereka merasa sedih.

Tawarkan persahabatan

Jika seorang pasien siap ditemani, luangkan waktu untuk mengunjungi satu-satu. Lakukan sesuatu yang menyenangkan, seperti berbelanja atau menonton film. Jalan-jalan bersama. Minum teh. Dengarkan ketakutan dan frustrasi mereka. Hal terbaik yang harus dilakukan untuk seseorang yang menderita adalah memberi tahu mereka bahwa mereka tidak sendiri. Kanker membuat orang merasa terisolasi dari dunia luar. Ini menghilangkan seseorang dari cara hidup mereka yang biasa. Mereka harus menghadapi kematian mereka dan mungkin terbaring di malam hari, berfokus pada ketakutan mereka. Memberi tahu seseorang bahwa Anda bersama mereka melalui setiap langkah perjalanannya adalah kenyamanan terbaik yang dapat Anda berikan.

Pertimbangkan doa

Jika Anda mempraktikkannya atau mengenal seseorang yang melakukannya, lakukanlah. Kebanyakan pasien menghargai mengetahui bahwa mereka ada dalam daftar doa. Kanker memunculkan ketakutan akan yang tidak diketahui dan yang tak terhindarkan. Memberi tahu seseorang bahwa Anda mendoakannya berarti mereka diperhatikan dan tidak sendirian.