Komunitas Kemanusiaan Meminta Lebih Banyak Bantuan Internasional dalam Anggaran Liberial yang Baru

Saat Wakil Perdana Menteri Chrystia Freeland bersiap untuk mempresentasikan anggaran Liberal kepada Parlemen pada hari Senin, kelompok kemanusiaan Kanada mendesak pemerintah Trudeau untuk meningkatkan pengeluaran untuk bantuan internasional sejalan dengan peningkatan pengeluaran untuk mengatasi pandemi di dalam negeri.

Danny Glenwright, presiden dan CEO Save the Children Canada, mengatakan organisasinya bergabung dengan LSM kemanusiaan lainnya di Kanada dalam meminta pemerintah federal untuk menyisihkan satu sen dari setiap dolar yang dihabiskan untuk tanggapan domestik terhadap pandemi untuk pertumbuhan yang cepat, kebutuhan bantuan internasional.

PBB memperkirakan hampir 170 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan tahun lalu. Pada 2021, jumlah global ini diperkirakan akan meningkat menjadi 235 juta, dengan hampir setengahnya adalah anak-anak, kata Glenwright.

“Kami semua mengalami tahun yang sulit, tetapi ada beberapa tantangan,” kata Glenwright.

“Dan sementara kami di Kanada merasa sangat sulit dilakukan dan untuk banyak alasan bagus, ini menjadi sangat menantang, di tempat-tempat di dunia di mana ada konflik, di tempat-tempat di dunia yang sudah sangat merasakan dampak dari perubahan iklim, pandemi ini telah menambah lapisan stres dan trauma serta tantangan yang tidak seperti yang kami rasakan di Kanada. ”

Dikombinasikan dengan konflik dan perubahan iklim, pandemi mengancam untuk membalikkan keuntungan puluhan tahun dalam pembangunan internasional, kata Glenwright, yang juga anggota dewan Kemitraan Kanada untuk Kesehatan Wanita dan Anak (CanWaCH) dan Koalisi Kemanusiaan, sebuah kelompok payung dari 12 LSM kemanusiaan Kanada.

“Kami pikir jika kami dapat meningkatkan pengeluaran kami hingga satu persen dari respons pandemi kami secara keseluruhan, kami mungkin dapat menopang beberapa keuntungan itu dan memastikan bahwa orang-orang divaksinasi di bagian lain dunia, bahwa kami dapat mendapatkan kembali anak-anak di sekolah, agar kami dapat membuka kembali rumah sakit dan memberikan layanan kesehatan seksual dan reproduksi, dan memberikan bantuan makanan, serta memastikan bahwa kami menangani kekurangan gizi di tempat-tempat yang saat ini berisiko kelaparan, ”katanya.

Pesan Glenwright menggemakan seruan serupa yang dibuat oleh Cooperation Canada, asosiasi nasional pembangunan internasional dan organisasi kemanusiaan yang sebelumnya dikenal sebagai Dewan Kanada untuk Kerja Sama Internasional.

Berbicara kepada Radio Canada International pada bulan Februari, CEO Cooperation Canada Nicolas Moyer mendesak pemerintah untuk meningkatkan kontribusinya terhadap bantuan luar negeri menjadi $ 7,8 miliar dalam anggaran federal yang akan datang.

Investasi Kanada dalam bantuan internasional sebesar $ 6,2 miliar pada 2018-19 setara dengan hanya 0,27 persen dari pendapatan nasional bruto (GNI), jauh di bawah komitmen internasional dan kontribusi negara-negara sejenis, kata Moyer.

Kanada berada pada titik terendah dalam 50 tahun dalam hal rasio bantuan internasionalnya terhadap GNI, tambahnya.

Glenwright mengatakan pemerintah Trudeau sangat menyadari kebutuhan kemanusiaan yang mendesak yang ada secara global dan telah menjadi “pendukung yang sangat kuat” dari bantuan internasional, terutama terkait dengan kebijakan bantuan internasional feminis.

“Kami sangat senang dengan komitmen pemerintah selama ini untuk hal-hal seperti pendidikan anak perempuan, layanan kesehatan seksual dan reproduksi dan juga dukungan untuk COVAX, penyebarluasan vaksin internasional,” kata Glenwright.

Tetapi Kanada dapat dan harus berbuat lebih banyak, tambahnya.

LSM kemanusiaan juga ingin pemerintah Trudeau memanfaatkan kekuatan lunak Kanada di panggung dunia dalam forum seperti KTT G7 yang akan datang dan mengambil peran kepemimpinan dalam mengadvokasi mitranya untuk membelanjakan lebih banyak untuk bantuan internasional juga, kata Glenwright.